10 Misteri Fisika Terbesar dalam Sains Yang Belum Terpecahkan

Mengapa sains menyimpan begitu banyak misteri?
Sains menyimpan banyak misteri. Sama halnya dengan bidang fisika yang memiliki banyak pertanyaan dengan jawaban yang terbatas pada teori-teori yang dikemukakan oleh para ilmuwan.

Ada ribuan misteri yang masih terkunci rapat, dan ribuan orang juga merupakan orang-orang yang berusaha mencari kunci untuk membuka kebenaran teori tersebut. Disinilah pikiran manusia diuji.

Mengapa banyak penjelasan tentang pertanyaan itu murni teoretis? Karena tingkat pengetahuan manusia saat ini masih dikaitkan dengan keterbatasan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan, sehingga masih belum cukup memberikan hasil yang memuaskan, mungkin waktu akan memberikan jawaban untuk semua ini di masa depan.

Misteri fisika yang belum terpecahkan
Di bawah ini adalah 10 misteri terbesar dalam fisika yang masih belum dapat ditemukan jawabannya oleh para peneliti:

1. Materi dan anti materi di alam semesta.

Antimateri, Kunci Misteri Alam Semesta? - Ide dan Debat - Menurut Anda?
Ilustrasi antimateri, yang masih menjadi misteri bagi sains (images source : Google)

Fisikawan mengklaim bahwa pembentukan alam semesta kita dimulai dengan keseimbangan antara materi dan anti materi, dan itulah yang terjadi selama Big Bang. Namun, jika terjadi pertukaran antara partikel dan anti partikel, maka jumlahnya akan tetap sama menurut hukum fisika.
Namun, alam semesta tidak mengikuti aturan ini. Hampir semuanya terbuat dari materi, namun ternyata anti materi masih ada di Bumi.

“Jadi ke mana hampir semua anti materi itu pergi?”
Pertanyaan ini masih membingungkan para ilmuwan.

Pendapat para ahli mengatakan bahwa selama pembentukan Alam Semesta, unsur-unsur antimateri berubah menjadi materi, dan unsur-unsur materi menolak untuk berubah menjadi antimateri. Namun sejauh ini belum ada penjelasan yang bisa dianggap benar mengenai hal ini.

2. Entropi atau panah waktu.

Entropi adalah besaran dalam fisika yang membutuhkan arah waktu tertentu, yang juga dikenal sebagai panah waktu.
Hukum kedua termodinamika menyatakan bahwa total entropi sistem terisolasi akan meningkat seiring waktu. Namun, dalam sistem termodinamika terbuka, entropi berkurang seiring waktu.

Pertanyaan yang masih dicari jawabannya oleh para ahli dan menimbulkan banyak kontroversi:

“Apakah aliran waktu tetap dengan meningkatnya entropi di Semesta?”.

Sekarang entropi meningkat seiring waktu, dan para ilmuwan menyebutnya panah waktu. Penelitian saat ini difokuskan pada mekanisme kuantum dan kosmologis untuk memecahkan misteri ini.

Waktu adalah misteri sains yang belum terpecahkan

Waktu hanya bergerak ke satu arah, seiring bertambahnya usia, tanaman tumbuh, tetapi apakah mungkin untuk mundur?

3. Apa itu Dark Matter? Apakah dia benar-benar ada?

Bagaimana cara membuktikan dark matter dan dark energy itu ada? - Quora
Ilustrasi materi gelap, apakah partikel ini benar-benar ada? (images source : Google)

Dark Matter diyakini sebagai salah satu jenis materi yang membentuk sebagian besar penciptaan alam semesta dan memainkan peran penting dalam gaya gravitasi yang mengatur galaksi. Diperkirakan bahwa 84 persen dari semua materi di alam semesta adalah materi gelap.
Begitu banyak pertanyaan tentang ini, apa itu partikel dan apa inti dari materi gelap?

Jika materi gelap ini terdiri dari interaksi lemah antara partikel superberat, maka miliaran partikel ini akan melewati setiap sentimeter persegi atmosfer.
Para ilmuwan memprediksi keberadaan materi gelap di iklim Bumi, tetapi tidak dapat menemukannya, sehingga keberadaannya masih menjadi misteri, atau benar-benar tidak ada?

4. Dark Energy

Dark energy - ekspansi alam semesta
Ilustrasi penyebaran Dark Energy di seluruh alam semesta (images source : Google)

Secara teoritis, energi gelap adalah energi yang menyebar melalui alam semesta dan dikaitkan dengan percepatan perluasan alam semesta. Istilah energi gelap digunakan untuk menggambarkan percepatan ekspansi alam semesta. Ekspansi Alam Semesta, Sumber: Wikipedia
Tapi apa yang menyebabkan perluasan alam semesta?

Menurut para ilmuwan, jumlah total energi gelap ini melebihi 70 persen dari semua energi di alam semesta, tetapi tidak ada yang tahu bagaimana menggunakannya.

Sekarang ada banyak proyek ilmiah untuk mencari energi gelap ini, dan yang terpenting, jika ditemukan, adalah bagaimana menggunakannya untuk tujuan terbaik.

5. Bergerak lebih cepat dari kecepatan cahaya, mungkinkah?

Ilustrasi kecepatan cahaya (images soure : Google)

Kecepatan cahaya sekitar 2,99 x 108 meter per detik. Ada bukti untuk beberapa teori bahwa perjalanan lebih cepat dari cahaya adalah mungkin, dan para ilmuwan saat ini sedang mencari lebih banyak bukti. Apakah mungkin untuk bergerak lebih cepat dari kecepatan cahaya?

Teori tentang kecepatan cahaya saat ini berbeda dengan teori beberapa dekade yang lalu. Para ilmuwan percaya bahwa neutrino bergerak tiga milidetik lebih cepat daripada cahaya, dan para peneliti masih mencari kebenaran tentang hal ini.

6. Apa bentuk alam semesta?

Ada dua aspek pencarian bentuk alam semesta, yaitu geometri lokal dan global. Tidak ada yang tahu bentuk alam semesta ini, apakah terbuka atau tertutup.
Menurut para ilmuwan dari NASA, Alam Semesta memiliki bentuk datar berdasarkan metode Wikinson Microwave Anisotropy Probe. Namun, misteri ini masih menimbulkan kontroversi besar dalam kosmologi fisik.

Bentuk alam semesta
Bentuk Alam Semesta, sumber: Wikipedia Geometri lokal didasarkan pada kelengkungan Alam Semesta, sedangkan geometri global didasarkan pada topologi Alam Semesta.

“Apakah alam semesta memiliki batas atau tidak ada batas?” – ini juga salah satu pertanyaan yang merupakan misteri terbesar bagi para ilmuwan.

 

7. Apakah pendinginan laser mungkin?

Laser cooling
Ilustrasi Laser Cooling (images source : Google)

Pendinginan laser atau juga dikenal sebagai Laser Cooling adalah metode di mana sampel didinginkan hingga suhu mendekati nol derajat menggunakan satu atau lebih sinar laser. Metode ini digunakan dalam eksperimen fisika kuantum. proyek laser

Ada banyak metode yang digunakan dalam pendinginan laser, dan metode yang paling umum adalah pendinginan Doppler.
Pertanyaannya, apakah mungkin menggunakan pendingin laser ini pada atom? Kemajuan sedang dibuat dalam skala yang lebih besar, dan para ilmuwan masih mencari tahu jawabannya.

 

8. Partikel Gravitasi

Gaya gravitasi
images source : Google

Sebelumnya kita telah mendengar cerita tentang apel Newton dan juga tentang hukum gravitasi universal. Menurut para ahli, gravitasi adalah gaya paling mendasar dan juga gaya terlemah di alam. Gravitasi di Bumi, sumber: Wikipedia

Ada banyak teori tentang gravitasi, tetapi para ilmuwan tidak dapat mendeteksi partikel yang disebut graviton.
Beberapa lembaga penelitian, seperti Laser Inferometric Gravitational Wave Observatory (LIGO), telah melakukan penelitian tentang masalah ini. Para ilmuwan juga percaya bahwa eksperimen ini terkait dengan Higgs boson, sehingga mereka harus menemukannya terlebih dahulu.

 

9. Masa depan alam semesta

masa depan alam semesta
Images source : Google

Apakah kita sendirian di alam semesta ini? Apakah tidak ada kehidupan lain? Bagaimana alam semesta ini terbentuk? Akan seperti apakah alam semesta di masa depan? Alam semesta begitu besar sehingga menyimpan begitu banyak rahasia

Ada begitu banyak teori tentang alam semesta yang berkaitan dengan apakah alam semesta ini memiliki batas atau tidak, dan seperti apa bentuk alam semesta ini.
Ada juga banyak teori yang mengklaim akhir alam semesta, seperti teori pembekuan besar, krisis besar, pemantulan besar, dan kematian panas, yang selalu menjadi perdebatan di antara para ilmuwan.

 

10. Bagaimana Mekanisme Higgs?

Higgs Boson
Images source : Google

Mekanisme Higgs adalah partikel teoretis yang memberikan massa pada partikel fundamental lainnya. Ini juga merupakan partikel dasar yang termasuk dalam model standar teori fisika partikel.
Sampai saat ini, para ilmuwan tidak mengetahui jumlah pasti dari Higgs Boson.

Higgs boson memiliki tingkat peluruhan yang sangat tinggi, dan fisikawan mencari bukti peluruhan partikel ini melalui berbagai eksperimen.
Ada beberapa pertanyaan tentang Higgs boson, dan ketika jawabannya ditemukan, para ilmuwan mengatakan bahwa mereka dapat memberikan wawasan tentang cara kerja alam semesta.

Ini adalah sepuluh misteri terbesar fisika dalam sains yang masih belum terpecahkan, semoga dapat memperluas pengetahuan Anda dan membangkitkan dalam diri kita kebesaran dan kekuatan Sang Pencipta.