12 tips untuk membuat smartphone Android Anda lebih baik

Tips Android Terbaik. Bagi kebanyakan orang, smartphone saat ini sangat penting dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain, terutama bagi para eksekutif atau pebisnis yang membutuhkan akses data yang cepat untuk mempermudah segala aktivitasnya.

Ada banyak cara untuk menyesuaikan perangkat Android Anda dan meningkatkan kinerjanya. Selain itu, Anda dapat mengubah tampilan antarmuka, Anda juga dapat mengatur fitur koreksi otomatis yang terkadang tidak Anda perlukan atau mematikannya, Anda dapat menginstal aplikasi apa pun yang dimulai secara otomatis, memperpanjang masa pakai baterai, dan menyesuaikan perangkat. tidak pernah melebihi batas penggunaan data.

Android  begitu banyak fitur yang mungkin tidak Anda ketahui yang dapat membuat Android lebih mudah dan lebih baik.

Apa saja tips untuk smartphone Android?
Di bawah ini adalah 20 tips yang dapat Anda coba di perangkat Android Anda. Sebagai referensi, beberapa tips memerlukan perangkat yang menjalankan Android 6.0 Marshmallow, meskipun secara umum sebagian besar dapat diterapkan ke berbagai versi sistem operasi.

1. Pasang keyboard yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Ini lebih direkomendasikan untuk kamu yang sering menggunakan smartphone untuk mengirim banyak pesan, terutama di tempat kerja, maka kamu membutuhkan dukungan untuk mempermudah aktivitasmu.
Ada banyak keyboard untuk dipilih dari berbagai vendor yang dirancang untuk membuat pengetikan lebih mudah dan efisien, dilengkapi dengan kamus dan terkadang fitur koreksi otomatis yang dapat membuat frustasi jika Anda tidak terbiasa dengannya. Banyak dari mereka yang gratis, dan jika Anda perlu membeli, banyak dari mereka yang terjangkau.

Penting untuk mengetahui keyboard mana yang tepat untuk Anda dan memilihnya untuk mendukung aktivitas Anda.

2. Atur notifikasi untuk kenyamanan Anda

Notifikasi atau notifikasi bisa mengganggu jika muncul di waktu yang salah. Fitur terbaru dari sistem operasi Marshmallow 6.0 adalah mode Jangan Ganggu, yang dapat Anda gunakan untuk mengatur pengaturan yang diinginkan. Ada tiga opsi untuk karakteristik, yaitu:

  • Keheningan total
  • Hanya alarm
  • Hanya prioritas

Fitur ini memungkinkan Anda untuk memblokir semua notifikasi dan hanya mengizinkan yang menurut Anda penting. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengatur waktu agar fitur ini bekerja secara otomatis, kemudian Anda juga dapat menonaktifkannya secara otomatis sehingga Anda dapat menerima berbagai notifikasi di waktu yang tepat sesuai keinginan Anda.

3. Kelola aplikasi pra-instal yang mengganggu

Aplikasi pra-instal dapat mengganggu dan mengganggu karena, selain terkadang tidak diperlukan, seringkali ponsel cerdas Anda perlu di-root untuk menghapus aplikasi ini.
Aplikasi ini dapat diinstal setelah me-rooting ponsel cerdas Anda, serta menonaktifkan notifikasi dan menghentikan pembaruan otomatis aplikasi, dan melalui menu pengaturan, Anda dapat menonaktifkan aplikasi yang tidak Anda perlukan.

4. Pelacakan Penggunaan Data

Pelacak penggunaan data ini dapat memudahkan Anda untuk mengontrol penggunaan data ponsel cerdas Anda secara harian, mingguan, atau bulanan. Anda dapat dengan mudah mengakses fitur ini di bawah bagian nirkabel atau jaringan. Untuk mempermudah, ada banyak aplikasi pihak ketiga yang tersedia untuk membantu Anda mengelola penggunaan data.

5. Hemat daya baterai

Ada banyak cara untuk menghemat masa pakai baterai pada ponsel cerdas Anda. Salah satu cara termudah adalah dengan mengurangi penggunaan data Anda, Anda dapat membatasi penggunaan aplikasi yang secara otomatis berjalan di latar belakang. Cara lain adalah dengan membisukan tombol, tidak menggunakan Wi-Fi atau Bluetooth jika tidak diperlukan, dan menyesuaikan kecerahan layar.

6. Mengurangi Penggunaan Data

Data dalam jumlah besar sering digunakan oleh aplikasi yang secara otomatis memulai di belakang layar, dan terkadang aplikasi ini tidak kita butuhkan. Copot pemasangan aplikasi yang tidak lagi Anda perlukan, lalu di pengaturan atau pengaturan Anda dapat melihat aplikasi mana yang menggunakan data paling banyak dan Anda dapat mematikannya jika itu mengganggu Anda.

7. Atur pengaturan default untuk ponsel cerdas Anda

Anda dapat dengan mudah mengatur pengaturan default untuk aplikasi Anda di menu pengaturan atau di pengaturan dan menavigasi ke aplikasi. Di sini Anda dapat melihat aplikasi yang diinstal secara default dan, tergantung pada sistem operasi ponsel cerdas Anda, Anda dapat sepenuhnya mengatur ulang pengaturan default dan kemudian menginstalnya satu per satu.
Alasan pengaturan ini adalah karena kita sering diminta untuk memilih salah satu dari beberapa aplikasi untuk melakukan tugas yang sama, misalnya, kita diminta untuk memilih browser untuk membuka halaman web dengan pilihan “lanjutkan menggunakan aplikasi ini” atau “gunakan hanya sekarang” yang terkadang membuat kita kesal.

8. Manajemen memori

Jika memori di perangkat Android Anda penuh, itu dapat memengaruhi seberapa cepat ponsel cerdas Anda menjalankan tugasnya. Jadi pindahkan file foto, video, atau musik yang tidak Anda perlukan ke komputer atau gunakan kartu memori untuk menyimpan data. Selain itu, Anda dapat menghapus aplikasi yang tidak lagi diperlukan karena memakan ruang disk.

9. Saya mencoba menggunakan widget

Banyak aplikasi pihak ketiga menawarkan penggunaan widget. Widget ini dapat ditambahkan ke layar beranda Anda untuk memudahkan akses cepat apa yang Anda butuhkan, seperti melihat agenda, melihat cuaca, pesan, navigasi, dan banyak lagi.

10. Gunakan peluncur dan rasakan suasana baru

Anda dapat mengunduh peluncur untuk mempermudah menyiapkan aplikasi, menyesuaikan layar beranda, mengubah cara Anda berinteraksi dengan antarmuka, atau menambahkan kontrol ke perangkat Anda.
Ini adalah salah satu kelebihan android, yaitu jika Anda tidak menyukai sesuatu, Anda dapat mengubahnya menjadi apa pun yang Anda inginkan, Anda bahkan tidak perlu melakukan root.

11. Menggunakan Pengelola Perangkat

Android Salah satu hal yang sangat penting adalah Anda dapat menggunakan Pengelola Perangkat Android untuk melindungi privasi Anda. Dengan aplikasi ini, jika benar-benar diperlukan, Anda dapat melacak keberadaan atau lokasi perangkat Anda, menguncinya, kemudian mengatur ulang, dalam arti Anda dapat menghapus semua data di perangkat android Anda.

12. Jangan Lupa Manajer File

Dari pengelola file, Anda dapat menyalin atau menghapus file yang diinginkan. Dari sini, Anda juga dapat melihat berapa banyak ruang penyimpanan yang telah Anda gunakan dan berapa banyak ruang penyimpanan yang tersisa.
Ini adalah cara mudah lainnya untuk meningkatkan jumlah penyimpanan di perangkat Android Anda, karena Anda dapat mengakses semua file, termasuk yang biasanya tersembunyi.

Ini adalah tips sederhana yang dapat membuat smartphone Android Anda lebih baik. Semoga informasi ini bermanfaat dan memberikan banyak manfaat.